Langsung ke konten utama

Cara Memotong Foto Berbentuk Bulat

Untuk membuat foto bulat, kamu bisa menggunakan aplikasi apa saja asalkan aplikasi tersebut sudah dilengkapi dengan fitur pemotong yang sesuai. Di antara sekian banyak aplikasi untuk mengedit foto, ada beberapa diantaranya yang memiliki fitur crop berbentuk lingkaran. Dengan fitur tersebut, foto yang dipotong dapat langsung berbentuk bulat.

Salah satu dari aplikasi-aplikasi tersebut yang bisa kamu coba adalah Photoscape.

Photoscape adalah aplikasi gratis berlisensi freeware untuk Windows. Link downloadnya bisa diperoleh dari sini: http://www.majorgeeks.com/files/details/photoscape.html.


Klik pada link download lalu tunggu selama 5 detik. Nantinya jendela Save As akan muncul dengan sendirinya setelah jeda waktu tersebut.

Setelah diunduh, Photoscape harus diinstall terlebih dulu sebelum bisa digunakan.

Bagaimana caranya memotong foto berbentuk lingkaran dengan Photoscape? Yuk, simak panduannya berikut ini.


1. Jalankan Photoscape, lalu klik Editor.


2. Arahkan mouse ke kolom kiri sebelah atas, lalu klik folder yang berisi foto.


3. Arahkan mouse ke kolom kiri sebelah bawah, lalu klik foto yang akan diedit. Foto tersebut kemudian akan muncul pada jendela editing yang terletak di sebelah kanan.

4. Klik tab Crop.


5. Klik pada Crop Round Image.

6. Pada tahap inilah kamu bisa memulai memotong foto. Foto akan otomatis berbentuk bulat saat dipotong. Arahkan mouse ke foto yang terpampang di jendela editing, tekan dan tahan tombol mouse sebelah kiri, lalu geser panah mouse untuk memotong foto.



Menyimpan hasil pemotongan foto


7. Setelah foto dipotong sesuai selera, klik tombol Save Cropped Area.


8. Beri nama baru untuk foto, lalu klik tombol Save.


9. Tentukan kualitas foto dengan menggeser tombol ke kanan atau ke kiri, lalu tekan OK untuk menyimpan foto.


Selesai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Crop Foto Menjadi Bulat Penuh dengan Pixlr Online

Hampir semua aplikasi pengolah foto pasti dilengkapi dengan fitur pemotong gambar, tapi kebanyakan hanya dapat memotong foto dalam bentuk persegi. Masih sedikit yang menyediakan fitur cropping berbentuk bulat.

Cara Mencari Foto di Google Yang Aman dari Pelanggaran Hak Cipta

Jangan asal comot gambar dari internet. Jika gambar hanya digunakan sebagai wallpaper, mungkin tidak masalah. Lain halnya kalau gambar digunakan untuk keperluan komersil. Jangankan komersil, memasang foto untuk artikel blog saja harus hati-hati. Lisensi foto wajib diperhatikan agar nantinya tidak mengundang masalah. Jalan yang paling aman adalah dengan menggunakan foto-foto public domain yang bisa ditemukan dengan mudah di beberapa website tertentu. Kalau foto yang dicari tidak kunjung ketemu, kamu bisa mencoba mencarinya melalui Google.